Beberapa hari lagi menjelang hari raya Idul Fitri, bagi yang ingin mengirimkan kartu ucapan lebaran, kali ini saya membuatkan 2 buah file berbentuk ilustrasi masjid. File tersebut saya simpan dalam format .ai (Adobe Illustrator). Anda bisa menggunakannya untuk membuat kartu ucapan selamat lebaran dalam nuansa kartun.

Beberapa hari yang lalu saya membuat sebuah gambar ucapan selamat lebaran yang saya kirimkan pada semua teman-teman yang ada di daftar friendster saya (untung waktu itu jumlah teman saya cuma 119 orang, itupun sudah pegel mengirimnya). Tentunya tidak semua saya kirimi, karena saya juga harus mengingat bahwa tidak semua orang merayakan hari Idul Fitri. Apabila ada yang salah kirim, saya mohon maaf atas salah kirim tersebut. Bagi yang ikut merayakan, namun kemarin tidak saya kirimi, saya juga mohon maaf karena salah membaca data profilenya di Friendster.

Sebenarnya testimonial Friendster itu dulu menurut saya harusnya diisi dengan keterangan tentang diri si pemilik account frienster tersebut. Namun sepertinya sudah mulai berkembang menjadi kotak pesan yang bisa dilihat semua orang. Kalau yang saya baca dari Halaman FAQ Friendster, memang testimoni dan komentar bisa dijadikan satu.

Bagi para pembaca yang ingin membuat kartu ucapan selamat lebaran untuk dikirimkan ke Friendster, silahkan buat saja. Kalau ingin menggunakan gambar clipart ilustrasi masjid buatan saya tersebut, silahkan di download di sini:

Kedua file tersebut berformat .ai (Adobe Illustrator Artwork), saya buat dengan Illustrator versi CS3 dan saya simpan untuk format versi 9. File tersebut bisa dibuka di Photoshop (mulai versi 7.0 hingga CS3) dalam kondisi tanpa background, jadi sudah siap pakai. Hanya perlu di ubah ukurannya saja (misalnya dengan Edit > Free Transform).

Sedangkan ukuran file yang akan digunakan sebagai kartu ucapan, usahakan agar tidak lebih lebar dari 380 pixel. Tingginya disesuaikan dengan kebutuhan, sedangkan resolusinya 72 dpi saja. Hal ini agar gambar yang kita buat tidak merusak ukuran kotak testimonial orang yang kita kirimi.

Kemarin ada yang mengirimi saya testimonial dengan gambar yang lebar, jadi ukuran halaman friendster saya terpaksa melebar mengikuti ukuran gambar yang dikirimkan tersebut. Mau tidak di-approve juga nggak enak, wong sudah dikirimi kok ditolak apalagi yang mengirimi orangnya cakep.

Ukuran gambar yang kemarin saya kirimkan seperti ini:

Kartu ucapan lebaran

  • Lebar= 340 px
  • Tinggi= 240 px
  • Resolusi= 72 dpi

Mari, silahkan dibuat dan dikirimkan ke teman-teman yang ada di Friendster Anda.
Mudah dan cepat kok. Gambar itu saya buat cuma beberapa menit, tidak sampai habis sebatang rokok (saya membuatnya malam hari, jadi bisa sambil merokok dan minum kopi). Yang lama cuma waktu membuat gambar masjidnya.

Jangan lupa, agar nampak lebih pribadi dari si pengirim, diberi juga foto Anda (tulisan nama Anda juga bisa). Kalau ingin punya foto yang nuansanya kartun, jadi pas untuk dipasang, silahkan segera pesan pada saya.
Promosi terus nih

Setelah gambar tersebut selesai, diupload dulu ke internet, misalnya dengan ke tempat-tempat yang sudah saya sebutkan sebelumnya pada Menyimpan foto di internet.
Kemudian setelah diupload, carilah kode yang biasanya ada tulisan:
< href =" ... atau < src =" ...
Kode-kode tersebut dicopy dan dipaste pada form isian testimonal untuk menampilkan gambar hasil editan Anda (cara menggunakan gambar juga ada pada Media Tips-nya friendster saat kita mengisi comments / testimonials).


sumber : http://mbahdewo.com

Comments (0)